Ke Hutan Tapi Nonton Pameran Seni

Seniman senior sedang berbincang di pendopo 900mdpl

 Untuk Juni 2022

Ajakan kencan muncul. Tentu saja aku tidak lagi kaget kalau ide kencan dari Adnan adalah nonton pameran. Toh kami menikmati kegiatan itu. 

Minggu lalu kami berangkat ke Kaliurang atas untuk melihat pameran @900mdpl.

Ada yang menarik dari pameran ini, salah satunya yaitu lokasi. Pameran 900mdpl berada di dalam hutan dan karyanya tersebar. Iya, di dalam hutan. Kencan kali ini bukan gallery date seperti biasanya. 

Saat berangkat, kami tidak berdua. Ternyata Adnan membawa rombongan sekitar 8 orang. Meriah sekali. 

Tentu saja aku tidak lagi kaget kalau kencan kami tiba-tiba bergeser jadi acara piknik rombongan. Sudah biasa. Toh kami menikmatinya. 

Sesampainya di sana, kami parkir kendaraan di depan pendopo. Kami menunggu giliran untuk mulai masuk ke hutan. Ternyata, pengunjung perlu reservasi terlebih dulu untuk bisa menonton pameran. Hanya ada beberapa sesi perhari dengan peserta kunjungan terbatas. 

Kami pun berkeliling ditemani pemandu dari panitia pameran. 

Bersama rombongan mulai berkeliling

Masuk ke dalam hutan

Jarak lokasi masing-masing karya bisa dibilang tidak terlalu dekat, tapi juga tidak terlalu jauh. 

Awalnya aku mengira hanya akan melihat karya seni di tengah hutan saja. Tapi ternyata, secara penempatan karya cukup menghibur dan keren. 

Ada karya yang di taruh di aliran sungai, ada yang di dalam bekas kandang sapi, di gubuk terbengkalai, di atas bukit, di dalam makam, dan tentu saja di antara pohon-pohon. 

Karya berbentuk kendi berada di atas aliran sungai

Masuk ke makam dulu

Satu kesatuan karya dengan kendi-kendi di sungai

Karya di dalam gubuk terbengkalai

Rachmad Affandi selaku salah satu seniman sedang menjelaskan karyanya

Pameran 900mdpl mengangkat tema Genealogy of Ghost and How to Live with Them. Tema ini tercermin dengan baik dari karya seni yang ada di pameran. 900mdpl ini sendiri adalah site spesific art project. Programnya pamerannya sendiri sudah berlangsung 3 kali pada 2017, 2019, juga tahun ini 2022. 

Aku baru berkesempatan mengunjunginya tahun ini, dan senang sekali. 

Kencan yang sukses!

Kalian juga bisa mengunjungi pameran 900mdpl selanjutnya dengan memantau informasi dari instagram mereka. Ayo, kapan lagi bisa nonton pameran di hutan, kan?

Komentar