Pasar Wiguna, Alternatif Ruang Terbuka Hijau

Jika memang mau, kupikir hampir setiap hari bisa menemukan acara menarik di Jogja. Kamu tidak akan bosan tinggal di kota ini. Apalagi bulan-bulan pada akhir tahun, Jogja meriah karena banyak festival. Namun, kebanyakan acara digelar malam hari. 

Eh, tapi ternyata ada satu acara rutin yang diadakan setiap hari Minggu pagi bernama Pasar Wiguna. Lokasinya tepat di samping mall Ambarukmo Plaza. Pasar Wiguna digelar di taman terbuka dengan berbagai tenant dan acara pendukung.

"Ayo piknik ke Pasar Wiguna. Tapi harus dari pagi, acaranya cuma sampai jam 12 siang!"

Kami berniat datang jam 8. Kenyataannya, Adnan sampai di sana jam 9 pagi. Aku menyusul 45 menit kemudian. Hehe. 

Sejak malam sebelumnya, aku sudah mengintip Wiguna dari akun Instagram mereka. Publikasi di media sosial terkait acara ini cukup rutin, jelas, dan menarik. 

Para tenant yang dihadirkan Wiguna juga terkurasi dengan baik. Meski kebanyakan kuliner, tenant yang ada terus berusaha dieksplor setiap minggunya. Pernah ada tenant tanaman hias, aksesoris, batik, kerajinan, hingga LSM. 

Beberapa tenant yang ada 

Pengunjungnya padat tapi tidak terlalu sesak. Kebanyakan yang hadir anak muda. Aku jajan di beberapa tenant lalu duduk santai di atas tikar yang disediakan untuk pengunjung. 


    
Jajan teruuuuus!

Fokus makan tumpukan jajanan

Semakin siang terasa semakin terik. Beberapa pohon dijadikan area berteduh oleh pengunjung dari sengatan matahari. Selain belanja dan jajan, pengunjung pun bisa menikmati acara seru di Pasar Wiguna yang berganti setiap minggu. Kadang ada pertunjukan, kadang workshop, bisa juga dapat talkshow. 

Penampilan tari tradisional di tengah taman

Meski tidak wajib, Wiguna mengajak pengunjungnya turut melestarikan kebudayaan dengan 'berkain' tiap minggunya. Terbukti, banyak pengunjung terlihat memakai kain secara stylish

Selain mengusahakan pelestarian budaya melalui pemakaian kain, Wiguna juga konsisten mengajak pengunjung lebih aware dengan lingkungan. Tempat sampah yang disediakan memisahkan sampah organik dan non-organik. Penggunaan plastik juga terbatas di sini, pengunjung diminta membawa tas belanja masing-masing. 

Acara ini pun ramah anak serta hewan peliharaan. Untuk datang, kamu tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis. 

Anjing gemas sedang piknik

Piknik pagi itu, membuatku menyadari kalau di Jogja tidak terlalu banyak pilihan ruang terbuka hijau yang bisa diakses oleh masyarakat. Ternyata kita tidak punya banyak taman kota. Sedih, ya? Padahal, sekadar bisa duduk-duduk sambil minum es teh di taman bisa jadi healing yang mudah. 

Pengunjung duduk di rumput menikmati pagi

Pasar Wiguna mungkin menjadi salah satu alternatif ruang terbuka hijau yang bisa kamu sambangi di Jogja. Walau hadir hanya setiap hari Minggu, setidaknya mereka telah berupaya. Pasar Wiguna sudah rutin hadir sejak 2021.

Bisa buat kencan juga lho di Pasar Wiguna xixixixi

Untuk kalian yang kebetulan sedang liburan di Jogja, mampirlah menikmati pagi ke Pasar Wiguna. Kamu bisa cek di @pasarwiguna agar dapat informasi update seputar acara ini, ya! 

Tips dariku kalau ke Wiguna yaitu bawa kantong belanja, mandi dulu biar wangi, berkain-bertopi-berkaca mata hitam, dan pakai sunscreen. 

Komentar

  1. pasar wiguna
    saya kira ada di surabaya
    soalnya pernah lewat
    perumahan yang ada nama wigunanya hehe

    BalasHapus

Posting Komentar