Japanese Film Festival Online 2022, Jangan Dilewatkan!

Festival Film Jepang hadir kembali di tahun ini. Japanese Film Festival (JFF) merupakan proyek Japan Fondation dengan tujuan melebarkan antusiasme sinema Jepang ke seluruh dunia. Pada tahun 2020, JFF membuat versi online pertamanya. Mereka menampilkan 30 film yang dapat ditonton serentak di 20 negara. 

Tahun ini, Japanese Film Festival Online 2022 dihadirkan di bulan Februari, tersebar di 25 negara. Pre-event sudah dilakukan pada tanggal 15 November 2021 dengan menayangkan kembali 5 film JFF Online 2020. Kalian tertarik menonton JFF? Saya akan bantu menjelaskan langkah-langkah untuk menonton JFF secara online, ya. Saya juga sudah buatkan rangkuman pertanyaan yang sering muncul terkait JFF 2022 ini. 

JFF Online 2022 gratis atau berbayar, sih?

Seluruh film pada JFF Online 2022 dapat Anda nikmati secara gratis. Tidak ada pemungutan biaya sama sekali. Asyik, kan?!

Ada pilihan film apa saja di JFF Online 2022?

Pada 2022 ini, JFF mengambil tema perjalanan. Terdapat 20 judul film yang telah terkurasi dengan baik, mendukung tema perjalanan, dapat Anda saksikan di JFF Online 2022. Anda bisa mengetahui informasi lebih lanjut terkait pilihan film serta JFF secara keseluruhan dengan mengunduh katalog ini. Saya akan tetap menyertakan daftar film JFF Online 2022 di tulisan ini. Berikut judul-judul film tersebut. 




Sampai kapan JFF Online 2022 bisa ditonton?

JFF Online 2022 bisa diakses dari tanggal 14 Februari 2022 pukul 15.00 WIB sampai 28 Februari 2022 pukul 14.59 WIB. Pada setiap film, Anda hanya bisa menonton maksimal dalam 48 jam sejak tombol 'play' pertama kali ditekan. Setelah 48 jam berlangsung, film tersebut tidak dapat ditayangkan kembali. 

Anda bisa menontonnya pada pukul berapa pun sesuai keinginan. Untuk lokasinya, selama Anda berada pada negara partisipan JFF Online 2022 maka film tersebut bisa ditonton. Negara partisipan JFF Online 2022 mencakup Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Korea Selatan, Myanmar, Kamboja, India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Meksiko, Brazil, Argentina, Ekuador, Peru, Spanyol, Italia, Mesir, Hungaria, Jerman, New Zeland, Australia, dan Amerika Serikat. 

Rekomendasi film yang oke apa, nih?

Dari 20 film yang ada di daftar tayang, saya belum pernah menonton satu pun. Oleh karena itu, saya juga bingung akan menonton yang mana. Hehe. Inginnya nonton semua. Namun, dengan keterbatasan waktu luang yang dimiliki, tentu bisa menyelesaikan menonton beberapa film saja sudah pencapaian. Film mana saja yang jadi rekomendasi?

Saya bukan pakar sinema, jadi tentu saja rekomendasi yang akan diberikan berpijak dari selera pribadi. Meski begitu, untuk Anda yang buta total terhadap dunia film tentu tidak ada salahnya mengikuti rekomendasi dari saya. Siapa tahu, kita ternyata satu selera, dan bisa menjadi kawan akrab setelahnya.

  • It's a Summer Film

Film ini cukup populer dan banyak direkomendasikan teman-teman via media sosial. Saya tentunya tidak mau ketinggalan update tontonan populer ini. It's a Summer Film akan jadi yang pertama saya putar. Saya sudah menonton cuplikannya. Film berkategori drama ini sepertinya cukup mudah dipahami serta memberikan vibes ceria ala remaja. Kisahnya tentang perempuan remaja yang suka dengan dunia samurai bersama lelaki misterius, berusaha membuat film yang melampaui ruang dan waktu. 

  • The Chef of South Polar 

Saya suka sekali film drama atau dokumenter tentang makanan atau masakan. Beberapa daftar film JFF Online 2022 menawarkan hal itu, yaitu: The God of Ramen, Bread of Happiness, The Chef of South Polar,  dan Mio's Cookbook. Di antara semua film tersebut, saya langsung jatuh cinta pada cuplikan The Chef of South Polar. Kisah 8 orang yang tinggal bersama di Antartika dan solid ketika berada di meja makan. Saya suka sekali cerita semacam itu sebab terasa nyata. Makanan memang bisa menyatukan banyak orang, bukan? 

  • The Floating Castle

Film The Floating Castle cukup menarik perhatian saya dari cuplikannya. Film ini memang berlabel film laga, tetapi saya melihat ramuan komedi dan tragedi yang terkemas menarik hanya dari cuplikannya saja. Meski saya tidak terlalu suka film perang, The Floating Castle akan saya coba tonton. Sudah siap tertawa sambil menangis, nih!

Selain tiga film itu, Anda bisa memilih film sesuka hati. Kalau bingung, bisa baca sinopsisnya dulu dan tonton cuplikannya. Coba juga sekadar mengikuti kata hati. Tutup mata sambil cap-cip-cup asal pilih. Kualitas film-film di JFF Online tidak perlu diragukan, dong! Semuanya bagus, kok. 

Bagaimana cara nonton JFF Online 2022? 

Saya akan menyertakan penjelasan cara untuk menontonnya. Penjelasan ini dibuat untuk Anda yang menggunakan device berupa laptop dan komputer. Kalau pakai ponsel bisa jadi tampilannya sedikit berbeda. Semoga cukup membantu, ya!

1. Klik tautan ini agar Anda bisa diarahkan ke halaman awal untuk menonton JFF Online 2022. 

2. Setelah halaman awal terbuka, klik bagian log in di kanan atas. Nantinya akan keluar tampilan seperti berikut ini. 

3. Untuk membuat akun cukup mudah. Anda hanya perlu mengisi data-data yang diminta berupa user name, e-mail address, password, dan ulangi password yang digunakan. Centang kotak kedua pada bagian usia jika sudah di atas 18 tahun. Jika Anda ingin mendapat newsletter via e-mail, Anda juga bisa mencentang kotak pertama. Saya sertakan contoh pengisiannya di gambar berikut, ya. 

4. Selanjutnya, Anda tinggal klik 'Submit', dan tampilan layar akan muncul seperti berikut ini. Akan ada tulisan dipojok kanan atas bahwa Anda telah terdaftar. Milik saya tertulis: 'Sign in as sekuntumanyelir'.

5. Sekarang Anda bisa memilih film yang ingin ditonton, seperti ini tampilannya. 

6. Anda tinggal klik film yang ingin ditonton. Saya klik poster 'It's a Summer Film!' lalu muncul tampilan seperti berikut ini. Setelahnya, klik 'Watch for free (Limited to once)'.

7. Tampilan seperti di bawah ini akan muncul. Anda bisa membaca terms and conditions terlebih dulu agar memahami peraturan yang diterapkan oleh JFF Online 2022 dengan lebih jelas. Jika sudah, Anda bisa mulai menonton dengan klik 'Watch'. Setelah itu, klik 'Play Now'

8. Film sudah siap ditonton, nih! Anda bisa mengatur subtitle film juga, lho. Klik 'CC' di bagian bawah kanan layar lalu pilih bahasa yang ingin digunakan sebagai subtitle

9. Semua sudah sesuai, jadi selamat menonton dengan nyaman, ya!

Hal lain yang perlu diperhatikan agar nonton tetap asyik!

  • Anda bisa mengecek terlebih dulu apakah film bisa diputar dengan baik menggunakan peramban di laptop (atau device lain). Kalau ternyata tidak bisa, coba ganti perambannya. Misalnya awalnya pakai Chrome dan terkendala, coba ganti pakai Firefox
  • Pilih subtitle yang paling nyaman. JFF menyediakan 15 pilihan subtitle. Jika Anda ternyata lancar berbahasa Jepang, tanpa subtitle juga bisa.
  • Siapkan sapu tangan atau tisu just in case filmnya sedih banget dan Anda menangis heboh serta ingusan. Menyetok camilan, saya rasa juga bukan ide buruk. 

Selamat menonton, ya! Kasih tahu saya film mana favorit kalian di kolom komentar. Besok kalau ada festival film luring, boleh lah kita nonton bersama. 


n.b. semua foto merupakan tangkapan layar milik pribadi dari website JFF 

Komentar