Dunia Datar, Dunia Layar: Teknologi Menawan Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513

 "Kawan izinkan aku bercerita; teknologi yang bikin jatuh cinta; menatapnya seperti menatap semesta..."
-Fiersa Besari


 

Teori bumi datar mulai populer dan banyak orang meyakini hal tersebut. Katanya, bumi itu tidak bulat seperti yang dikisahkan oleh pikiran Aristoteles. Saya pun sempat mengikuti perdebatan teori tersebut, tapi akhirnya lupa dan melanjutkan hidup seperti biasa. Hingga suatu hari, saya sedang berada di sebuah kafe sekitar pukul 2 siang. Pengunjung cukup ramai, terlihat dari kursi-kursi yang mulai penuh terisi. Suasana sedang sangat sendu. Di luar gerimis, sedangkan di dalam hati ini sedang mendung gelap.

Normalnya, saya akan membuka laptop untuk menulis atau sekadar menonton YouTube. Namun hari itu saya mengurungkan niat untuk membuka laptop karena mood sedang sangat berantakan. Saya akhirnya hanya terdiam sambil menikmati es teh leci yang terasa kurang manis. Tanpa sadar, saya memandangi satu perempuan yang duduk di meja dekat pintu. Ia sendirian, dan memakai headset berwarna ungu di kedua telinganya. 

Perempuan itu bercakap-cakap menggunakan bahasa daerah yang saya tidak pahami, terdengar seperti bahasa Sunda. Entah apa yang dibicarakannya, tapi ekspresinya nampak sangat bahagia. Ia sesekali tertawa di depan laptop. Dugaan saya dia sedang melakukan panggilan video dengan orang terkasihnya. Saya iri dengan kehangatan yang dimiliki perempuan itu. Saya pun memilih mengitari seluruh kafe dengan pandangan mata ini, agar hati tidak semakin mendung. 

Tiba-tiba, saya teringat teori bumi datar. Astaga dragon! Bisa jadi memang bumi kita sekarang ini menjadi datar karena semua orang menghabiskan hidupnya di dalam layar. Hampir semua orang di ruangan kafe tersebut duduk di depan laptop yang terbuka. Bahkan pengunjung yang tidak membuka laptop pun sibuk di dengan ponsel. Ternyata, hidup bergerak secepat ini dan semua hal berubah. Semesta kini mulai diringkas menjadi sekotak teknologi yang disebut laptop. Di sana ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan. Lebih beruntung lagi, jika laptop yang dimiliki yaitu Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513. Kok bisa? Penasaran, kan? Ayo, saya kasih tunjuk rahasia memukau buat kalian semua.

Dunia dalam layar, sempit sekaligus luas tak terbatas

Kenyataan memang harus diterima. Sebagai generasi yang lahir di tahun 90-an awal, tentu tetap sulit untuk berkawan dengan teknologi 100%. Kadang, saya rindu masa-masa menghabiskan waktu dengan bermain petak umpet tanpa gadget. Meski begitu, pesona dunia dalam layar memang tidak main-main.

Bayangkan, hanya dengan sebuah laptop saya bisa menyelesaikan pekerjaan menulis, menonton film, membaca buku-buku dalam bentuk PDF, melihat video tutorial merajut, reuni teman SMP lewat aplikasi meeting online, dan masih banyak lagi. Saya pun merasa waktu tidak terbuang percuma meski berada di depan layar hingga 18 jam sebab banyaknya aktivitas yang bisa dikerjakan. 

Tanpa laptop yang tepat, tentu pengalaman yang didapat kurang maksimal. Bersama Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513, kita bisa merasakan hidup dalam dunia layar dengan lebih sempurna. Teknologi yang luar biasa serta beragam keunggulan lain akan membuat terpukau, lalu jatuh cinta. 


Memilih selalu jadi hal tersulit, bukan?

Tentu saja banyak orang tidak akan langsung yakin hanya dengan cerita saya di atas. Dari tadi cuma bilang "beruntung kalau punya Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513, dan juga laptopnya luar biasa." Padahal memilih laptop tidak pernah mudah. Perlu pertimbangan yang logis, harga yang sesuai, desain ciamik, dan setumpuk hal lain. Jadi, berilah kesempatan pada saya untuk meyakinkan kalian bahwa layar Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 tidak ada tandingannya, patut dipilih! Ada 5 keunggulan layar Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 ini.

  • Warna lebih kaya, detail, serta akurat
Dibandingkan dengan laptop berlayar LCD, Asus OLED jelas lebih unggul di bagian warnanya. Asus OLED mampu memproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRBG. Kemampuan tersebut menjadikan visual yang ditampilkan memiliki warna lebih detail, kaya, dan akurat. 

Teknologi layar Asus OLED juga telah dikalibrasi sejak awal. Kalibrasi tersebut berperan menjadikan warna di layar Asus OLED jadi lebih akurat. Asus OLED memiliki standar kalibrasi warna yang telah disertifikasi oleh PANTONE Validated Display. 
  • Fitur Eye Care berguna menjaga kesehatan mata
Keunggulan lainnya yaitu adanya fitur eye care yang membantu mengurangi paparan radiasi sinar biru layar hingga 70%. Biasanya, teknologi semacam ini akan membuat tingkat akurasi warna penurun serta tampilan visual jadi buruk. Namun, fitur eye care menawarkan keduanya sekaligus. 

Asus OLED menggeser warna spektrum biru sehingga paparan sinar radiasi sinar biru bisa ditekan tetapi akurasi warna tetap berkualitas. Metode yang diterapkan dalam fitur eye care tersebut telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TUV Rheinland.
  • Tampilan tetap jernih meski pada tingkat kecerahan rendah
A screenshot of a video game

Description automatically generated with low confidence
Laptop berlayar LCD umumnya menggunakan 2D color gamut yang menjadikan tampilan buruk saat kecerahan rendah. Asus OLED menggunakan 3D color gamut menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume keseluruhan. Color volume pada Asus OLED 60% lebih besar jika dibandingkan laptop pada umumnya. Berkat hal tersebut, layar Asus OLED mampu mempertahankan tampilan yang jernih meski tingkat kecerahan rendah. 
  • Detail warna dan visual terbaik
Sertifikasi DisplayHRD 500 True Black dari Vesa telah dimiliki oleh Asus OLED. Dengan sertifikasi ini, telah terjamin bahwa Asus OLED mampu menghasilkan warna hitam sempurna sekaligus memiliki tingkat kontras warna yang tinggi. Rasio kontrasnya mencapai 1.000.000:1 sehingga seluruh warna terlihat sangat detail. Konten dengan format HRD pun bisa dinikmati dengan lebih sempurna dengan layar Asus OLED.
  • Visual lebih jelas tanpa efek blur
A picture containing text, sport, water, outdoor

Description automatically generated

Efek blur sering muncul pada layar LCD saat menampilkan visual yang bergerak cepat, misalnya dalam tampilan film. Hal tersebut bisa sangat mengganggu mata. Efek blur sejenis itu kini tidak akan lagi muncul saat menggunakan Asus OLED. Response time pada layar Asus OLED 50 kali lebih cepat dibanding laptop biasa, mencapai 0,2ms. 


Performa jempolan dengan teknologi menawan

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, hampir semua sektor kegiatan berpindah dari offline menjadi online. Semua orang dipaksa beradaptasi dengan kilat agar bisa tetap bertahan selama pandemi berlangsung. Teknologi menjadi penyelamat selama 2 tahun belakangan ini. Dunia datar dalam layar mulai mendarah daging di setiap sendi kehidupan. Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 menjadi laptop impian karena performa berkualitas tinggi dengan teknologi terbaru. Kalau memang harus terjebak di dunia layar, saya pasti pilih Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513. Kenapa?

  • Spesifikasi modern yang memenuhi kebutuhan para profesional
Laptop modern Asus OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga. Dengan prosesor tersebut, Asus OLED mampu bertahan lebih lama tanpa harus dihubungkan ke sumber listrik. 

Selain prosesor yang ciamik, laptop ini juga dibekali dengan memori DDR4 RAM serta telah menggunakan penyimpanan berupa PCle SSD. Dibandingkan HDD tradisional, penyimpanan tersebut jauh lebih optimal sehingga membuat aplikasi yang dijalankan lebih kencang. Spesifikasi ini akan memudahkan kalian yang bekerja sebagai pembuat konten. Mengedit foto dan video serta membuat desain akan jadi lebih efektif dengan menggunakan Asus OLED. 
  • Hemat daya dengan AIPT
Asus Intelligent Performance Technology (AIPT) melengkapi laptop Asus OLED sehingga mampu meningkatkan performa hingga 40% dibandingkan laptop dengan spesifikasi serupa. Konsumsi daya Asus OLED juga jadi lebih rendah dengan adanya AIPT. Terdapat 3 pilihan pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan daya. Cara pengaturannya pun mudah yaitu dengan menekan kombinasi tombol 'Fn' dan 'F'. Saat sedang asyik menonton film, kalian tidak perlu repot mencari-cari colokan listrik lagi karena daya yang tahan lama.
  • Hadirkan opsi upgrade yang memudahkan
Tidak semua laptop memiliki menawarkan opsi upgrade. Padahal minat masyarakat terhadap opsi upgrade laptop terutama di bagian RAM cukup tinggi. Asus OLED menghadirkan opsi upgrade tersebut di beberapa bagian seperti RAM dan kapasitas penyimpanan. Kapasitas RAM bisa ditambahkan melalui satu slot SO-DIMM DDR4. Untuk kapasitas penyimpanan, bisa ditambahkan menggunakan 2.5" SATA SSD atau HDD. 

Opsi upgrade ini tentunya terhitung sebagai investasi tersendiri dalam beberapa tahun ke depan setelah membeli laptop Asus OLED. Biaya penggantian laptop yang mahal bisa ditekan karena adanya opsi upgrade. Selain itu, update sistem operasi Windows 11 pada Asus OLED telah terkonfirmasi bisa dilakukan tanpa biaya tambahan.
  • Tampilan layar yang memanjakan mata
Performa layar Asus OLED memang sudah dijabarkan sebelumnya. Dengan teknologi layar OLED yang serba menawan tersebut, laptop ini tentu akan memuaskan kalian yang yang berurusan dengan warna. Para  designer grafis, content creator, atau bahkan penikmat film garis keras kini bisa bernapas lega. 

Tidak hanya itu, kesehatan mata juga lebih terlindungi sebab Asus OLED telah mampu mengurangi paparan radiasi sinar biru namun tetap mempertahankan kualitas ketajaman warna di layar. Asus OLED mampu memunculkan warna hitam yang sesungguhnya dan membuat pengalaman sinematografi semakin terwadahi karena response time yang kencang. Hebat bukan main!
  • Gratis aplikasi Office Asli
Asus OLED memberikan aplikasi Office 100% asli yang bisa diakses secara gratis. Aplikasi Office yang diberikan gratis pun lengkap dari Word, PowerPoint, dan Excel. Tentunya para pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran sangat diuntungkan dengan hal ini. Kalian pun akan mendapatkan pembaharuan keamanan software Office secara rutin sehingga perangkat, program, dan data akan selalu terlindungi.
  • Sistem keamanan dengan fitur sidik jari 
Kata sandi biasanya digunakan untuk membantu mengunci laptop agar tidak sembarang orang bisa masuk dengan mudah. Asus OLED memiliki fitur Windows Hello yang membuat keamanan dapat ditingkatkan dan dibuat lebih praktis menggunakan teknologi sidik jari.  

Sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 10 Home juga dihadirkan di laptop Asus OLED. Adanya Windows Store di dalamnya menyediakan berbagai pilihan aplikasi yang ingin dipasang di laptop. Berbagai aplikasi penunjang produftivitas seperti aplikasi perkantoran dan kegiatan belajar, aplikasi rekreasi, serta aplikasi kreatif bisa dipasang dengan mudah.
  • Desain dan ukuran terbaik
Tahun segini, laptop besar dan berat sudah kurang laku. Alasannya karena semua orang ingin hal praktis dan tidak menyusahkan. Asus OLED hadir dengan ukuran 15 inci, cukup bersahabat bagi kalian yang suka mobile. Desainnya dihadirkan dengan cover logam yang membuat laptop ini terasa sangat kokoh sekaligus elegan. Ada tiga pilihan warna yaitu indie black, silver transparan, dan hearty gold.
  • Teknologi tambahan lain yang memukau
Laptop ini sangat tepat digunakan para pekerja yang sedang WFH maupun pelajar yang menjalani PJJ. Fasilitas khusus konektivitas serta komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan WFH dan PJJ. Teknologi tambahan dihadirkan oleh Asus OLED untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Terdapat teknologi AI Noise Canceling yang bisa meredam suara bising di sekitar. Sesi WFH atau PJJ secara online pun tidak akan terganggu lagi. Hadir pula teknologi WiFi 6 yang dilengkapi WiFi Smart Connect. Dengan teknologi tersebut, sistem akan mampu memilih dan terkoneksi dengan router yang memiliki sinyal paling kuat secara otomatis. Sinyal WiFi selama WFH atau PJJ akan tetap stabil dan kencang.

Semua hal berpasang-pasangan: baik-buruk

Sumber: unspash.com

Seperti dua sisi mata koin, teknologi tidak hanya memberi keuntungan saja. Kerugian bisa muncul jika memandangi layar laptop terlalu lama. Ada harga yang perlu dibayar dari dunia datar yang asyik itu. Risiko terkena Computer Vision Syndrome semakin besar. Apa sih itu? Computer Vision Syndrome merupakan sindrom penurunan kesehatan yang dipicu oleh aktivitas menatap layar gadget terlalu lama. 

Namun, jangan khawatir! Semua masalah pasti ada solusinya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terkena Computer Vision Syndrome. Penerapannya mudah dan praktis, kok!

  • Perhatikan cahaya dan sirkulasi udara ruangan

Ruangan menjadi faktor penunjang yang penting ketika menggunakan laptop. Ruangan yang terlalu gelap atau terlalu terang bisa meningkatkan risiko Computer Vision Syndrome. Atur cahaya ruangan secara ideal sehingga tidak mengganggu kinerja mata selama berada di depan laptop. 

Sirkulasi udara juga perlu diperhatikan. Ruangan dengan ventilasi udara yang baik adalah pilihan tepat. Sirkulasi udara di ruangan yang buruk bisa membuat mata cepat kering. Usahakan juga tidak merokok di dalam ruangan agar mata terhindar dari iritasi.
  • Lakukan senam mata dengan teknik 20-20-20
Trik ini mudah dan efektif tapi masih belum banyak orang yang menerapkannya. Sama seperti anggota tubuh yang lain, mata juga perlu berolahraga. Senam mata penting dilakukan agar kinerja mata yang menurun bisa kembali fresh. 

Teknik 20-20-20 perlu dicoba agar mata terhindar dari Computer Vision Syndrome. Caranya yaitu setiap 20 menit menatap layar, lihatlah suatu objek dengan jarak 20 kaki jauhnya (sekitar 6 meter). Tatap objek tersebut selama 20 detik lamanya. Hal ini efektif mengurangi rasa lelah akibat menatap layar laptop.
  • Minum air putih yang cukup
Apa hubungannya menatap layar dengan minum air putih? Ada hubungannya, lho! Kalau tubuh kekurangan asupan cairan, mata akan jadi lebih mudah kering. Mata dengan kondisi kering kurang cairan yang dipaksa menatap layar laptop dalam waktu lama bisa berbahaya. Jadi, pastikan konsumsi cairan berupa air putih yang cukup setiap harinya.
  • Atur jarak layar dengan mata
Jarak mata dari layar laptop ternyata juga memberi pengaruh terhadap risiko terkena Computer Vision Syndrome. Jarak ideal mata ke monitor yaitu 50-60 cm. Jadi pastikan bahwa laptop tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari mata, ya! Selain itu, sebaiknya posisi laptop dan posisi duduk dibuat sesuai agar lebih nyaman. 
  • Beri jeda untuk istirahat
Sepenting apa pun pekerjaan, kesehatan tetap jadi hal utama. Untuk itu, pastikan tetap mengambil jeda istirahat dalam penggunaan laptop. Idealnya, beri jeda selama 30 menit setiap tiga jam sekali jika penggunaan laptop lebih dari sepuluh jam. Selama 30 menit itu, lakukan peregangan otot agar bagian bahu dan kepala tidak terlalu tegang. 

Selain itu, ada baiknya jika bisa mengambil jeda libur dari menatap layar laptop minimal seminggu sekali. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas yang tidak berhubungan dengan layar. Efeknya bukan cuma untuk mata dan badan saja, tetapi bisa membuat mental lebih sehat.
  • Ganti laptop dengan Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513
Mengganti laptop lama kalian dengan Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga perlu dilakukan. Hal itu termasuk usaha merawat kesehatan mata, lho! Terdapat fitur Eye Care yang terbukti bisa mengurangi paparan radiasi sinar biru penyebab mata lelah akibat terlalu lama memandang layar laptop.

Harga ekonomis, dompet tidak akan kritis


Ada harga, ada barang. Pepatah satu itu banyak benarnya. Biasanya memang barang berkualitas tinggi harganya juga mahal. Setelah mengetahui seabrek keunggulan Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513, tentu wajar jika harganya mahal. Eh, tapi ternyata kalian bisa membawa pulang laptop ini mulai dari Rp8.599.000 saja. 

Kurang dari 10 juta rupiah, kalian sudah bisa membungkus dunia datar yang menghadirkan semesta teknologi menawan. Dibandingkan laptop merek lain dengan layar OLED, tentu harga ini termasuk paling ekonomis. Sudah dapat murah, kualitas tingkat dewa. Best value for money, lah!



Saya sudah menulis panjang begini, kalian masih ragu dengan Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513? Wah! Ingat-ingat bahwa hidup cuma fana dan sementara. Kalau keseringan ragu dan terlalu lama menimbang-timbang nanti ujungnya cuma menyesal. Jadi, mendingan langsung aja tancap gas ke sini dan miliki Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513. Setelahnya, dijamin kalian akan jatuh cinta tanpa jeda dengan dunia dalam layar yang dihadirkan Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513. 

Nggak percaya? Coba aja!

Komentar